Sunday, September 16, 2007

Reinterpretasi Makna Cinta/Sayang

Sering banget kalo kita ngeliat web site, blog, juga di forum tentang kucing ada tulisan "penyayang kucing", atau "cat lover". Sebenernya makna cinta/sayang manusia ke kucing itu kaya gimana si? Apa perlu ikutan klub-klub kucing yang tujuannya menciptakan "really cat lover" atau "penyayang kucing sejati?". Trus juga apa makna cinta/sayang manusia ke kucing itu ditunjukkan dengan seberapa sering kita nyium-nyium mereka, atau seberapa sering kita meluk-meluk mereka?.

Mencintai dan atau menyayangi kucing itu ditunjukkan dengan cara memberikan apa yang sudah menjadi hak mereka, sebagai orang tuanya kita harus melaksanakan kewajiban kita. Anggep aja kucing-kucing itu anak bayi, jadi mereka ga tau tuh apa hak dan kewajiban mereka, kan masih kecil jadi berpikirnya terbatas, tapi bukan berarti mereka ga bisa diajarin loh. Mereka bisa ko diajarin, malah ada beberapa kucing yang cepet belajarnya, ga lemot geto, kayak kucing pertama dalam hidup saya, namanya Pulis, anak ini bener-bener pinter banget, duh luar biasa pokoknya. Sampe sekarang pun, saya ga pernah lagi, punya anak kaki 4 yang sepinter dan sesetia Pulis.

Haknya kucing kita apa aja ya. Mereka harus ngedapetin makanan dan minuman yang bersih dan sehat, mereka juga perlu belaian, pelukan, juga ciuman, terkadang mereka juga harus mendapatkan punishment kalo mereka nakal ato salah, tapi punishmentnya yang bersifat ngedidik mereka lah, jangan yang nyiksa, misalnya ga dikasi makan, dikurung di kamar mandi, dll. Trus kalo kita ngurung mereka, karena kita sayang ama mereka dan takut mereka ilang, itu termasuk rasa sayang ga? Bisa, itu juga termasuk rasa sayang kita terhadap anak-anak kaki empat kita. Cuman jangan ngurung mereka selama 24 jam di dalam cage. Yang namanya anak kecil, mereka juga perlu yang namanya bermain lo. Jadi yah mereka harus dikeluarin dari cage dan bermain dengan leluasa, kebayang aja kalo kita idup dalam ruangan 3x3 selama 24 jam wahhhh bisa gila rasanya. Itu deh alesannya kenapa kok kucing kalo dikandangin, mereka jadi lebih galak, ato lebih penakut, soalnya mereka ga bisa meluapkan emosinya dengan baik, jadinya mereka tertekan dan stress.Kalo saya pribadi sih, ga pernah memelihara mereka dalam cage, mereka bebas main-main di rumah, jadi geto deh ga ada baju yang bebas dari bulu kucing hehehe.

Ada yang bilang, kalo mereka main di dalam rumah, mereka suka nakal, suka cakarin kursi dan laen-laen, suka naek-naek ke atas lemari, dan tingkah yang laen, trus ngadepinnya gimana tuh? Declaw boleh ga? wah jangan dong kalo declaw, sebenernya yang namanya kucing itu punya naluri buat nyakar-nyakar geto, juga naek ke tempat yang tinggi. Jadi umpamanya dideclaw (nyabut kuku kucing secara permanen, sehingga kukunya ga bisa tumbuh lagi) itu berarti menghilangkan nalurinya kucing, wah pasti kucingnya kesiksa banget, kasian kan. Trus ngatasin kucing yang suka manjat-manjat itu gimana dong? bikinin aja cat tree hehehe, pasti mereka suka, bisa nyakar-nyakar juga manjat-manjat, main, kejer-kejeran.

Saya pernah tanya sama mama saya, “Ma, jijay ga dulu waktu aku bayi trus harus ngebersihin kue item, kuning, coklatku ma?” hehehe. Mama bilang “Ya ga dong, kan anaknya ya ga jijay la harus ngebersihin kue item, kuning, coklatmu”. Sama kucing-kucing kita juga kaya geto, ya harus mau mandiin mereka, juga ngebersihin pubnya, jangan semuanya diserahin ama maid kita. Lebih kerasa perjuangan membesarkan dan memelihara mereka lo. Jadi semakin deket dan semakin sayang ama mereka, anak-anak kaki 4 kita. Kadang ada juga sih yang malu bawa kucingnya ke vet kalo dah sakit, malu kalo dianggep ga becus ngurus kucing, padahal ga perlu malu deh kalo sering ke vet, itu kan demi kesehatan mereka, yah sekalian belajar geto ama vetnya.

Trus kalo rasa sayang ke kucing ditunjukkan dengan jadi member klub kucing gimana? Itu juga boleh aja kok, ga ada yang ngelarang juga hahaha. Klub kucing itu didirikan dengan niat yang bagus, coba deh liat web site klub kucing, nah visi dan misinya bagus-bagus kok, ada edukasi kepada anggotanya gimana jadi penyayang kucing sejati. Ada cat welfarenya juga, jadi meski kita ga punya kucing, asal kita peduli sama kucing, kita dah boleh jadi membernya loh, kita juga ga perlu punya kucing ningrat yang mahal-mahal itu, yah cukup Indonesian Short Hair ajah. Jadi meski ga punya kucing trus kalo ada kegiatan cat welfare misal nangkepin kucing di pasar buat disuntik rabisin, kan perlu sukarelawan banyak tu hehehe jadi bias ikut deh sebagai bentuk kepedulian terhadap kucing.

Cuman sekarang ini klub kucing lebih berkonsentrasi kepada cat show aja, kurang perhatian terhadap edukasinya dan cat welfare itu. Kesannya klub kucing itu eksklusif. Sekarang udah jadi tugas kita untuk ngingetin klub-klub kucing yang kita cintai itu, supaya inget lagi tentang program welfare dan edukasinya. Nah ngingetin klub kucing akan program edukasi dan welfarenya itu juga bentuk dari rasa sayang kita kepada kucing. Nyayangin klub-klub kucing ga selalu harus dengan jadi membernya ah, kalo non member memberi masukan/kritik yang positif nah ini kasih sayangnya lebih tulus, kan ngasi masukannya ga karena udah bayar, masukan positif dan gratisan hehehe. Tapi mungkin klub-klub kucingnya ngira kita-kita non member ini kasi kritiknya dengan memandang mereka penuh kebencian, padahal ga lo.

3 comments:

Kunamon said...

Setuju Beb.. Ga ada itu yang namanya Persian Cat Lover.. Yang ada hanya Cat lover saja. Sebab kalau tidak nanti akan ada Bengal Cat lover.. Sphynx Cat Lover.. Domestic Cat Lover.. Ha..ha betapa lucunya jargon2 tersebut.

Pada dasarnya semua kucing itu cantik dan indah dan patut dicintai, pemilah2an cinta itu sendiri justru tidak menunjukkan rasa cinta dan sayang yang sebenarnya.

yellow star said...

salam kenal.
anda memang pecinta kucing sejati....
kucing yang dicintai pasti merasakan juga kasih sayang pemiliknya.
ditunggu tulisan tulisan lainnya ya.... =^.^=

chandra said...

Makasih blognya. Dgn blog2 spt ini juga turut memberi dukungan bahwa piara miauw ada baiknya.
Jadi teringat dulu, susahnya piara miauw, krn ortuku tdk suka miauw, juga umumnya orang2 tdk peduli, malah mencela (mngkin krn miauwnya jalanan, andai miauw macm persia dsb, hmmm... mungkin lain ceritanya) hik...hik...