Friday, August 17, 2007

Blacklist Cattery Indonesia, Mungkinkah???

Salah satu hobi saya yang terkait dengan kucing adalah, suka melihat-lihat web site cattery, web site klub kucing, forum kucing online, juga berita-berita tentang kegiatan yang ada kaitannya dengan kucing, terutama yang dari Indonesia. Ketika saya melihat web site cattery di luar negeri, dan diantara pemilik baru kucing-kucing dari cattery di luar negri adalah WNI (Warga Negara Indonesia). Saya pikir wah hebat bapak/ibu itu bisa ngadopsi kucing import, pasti kucing-kucing itu akan disayang banget sama pemiliknya, dan semoga kucing-kucing import ini ketika udah sampe di Indonesia akan menghasilkan anak-anak kucing yang bagus.

Nah begitu pikiran saya waktu itu tapi setelah saya mengamati lebih dalem lagi, saya malah berpikir kasian banget ya kucing-kucing itu. Kenapa kasian sih? wah ternyata mereka tidak dijadikan bagian dari keluarga, tapi banyak diantara mereka yang cuman dijadikan obyek jual-beli. Hal ini saya ketahui, setelah membaca berita cat show yang diselenggarakan di Indonesia. Sering kali cat show ini menjadi pasar, tempat jual-beli kucing import. Ada saja kucing import yang dijual dengan harga sekitar 20-30 juta. Selain itu saya juga melihat cattery Indonesia mengimpor kucing dari cattery dari luar negeri, bener sih kucing itu dirawat baik-baik terus diikutin lomba tapi setelah menang lomba kucing-kucing itu dijual dengan harga yang lebih mahal, kan udah jadi juara hehehehe, tetep aja orientasinya duit.

Pada umumnya cattery di luar negeri melakukan kontrak pada saat ada cattery/perorangan yang mengadopsi kucing mereka, yang isinya antara lain "OUR CATS IS ONLY FOR YOUR BREEDING PROGRAM". Kalimat ini udah jelas bahwa kucing import tersebut untuk breeding bukan untuk dijual lagi. Kucing boleh dioperadopsikan setelah ga digunakan dalam breeding program dan kucing harus disterilkan. Banyak diantara kita sebel banget sama cat trader, trus tindakan seperti ini apa bukan disebut cat trader ya? Ok saya tidak akan membahas hal ini lebih lanjut, tapi ada satu hal yang lebih penting yang ingin saya sampaikan.

Ketika dilakukan oper adopsi kucing, apakah cattery luar negeri tersebut dikasi tau kalo anak-anaknya sudah berada pada orang lain? kalo dikasi tau mungkin mereka akan mawah karena buat mereka kucing-kucing tersebut dah kaya anak sendiri, bagian dari keluarga, bukan obyek jual beli. Pasti mereka marah berat dan mikir Orang Indonesia ga bisa dipercaya, udah nandatangani kontrak tapi melepaskan diri dari ikatan kontrak begitu aja, trus apa gunanya kontrak kalo gitu, (Padahal citra Indonesia di luar negeri ga begitu bagus lo) kalo ada apa-apa dengan kucingnya pasti komplen, tapi keterikatan akan tanggung jawab ga dilaksanakan. Nah kalo sampe terjadi generalisasi akan Orang Indonesia, atau Cattery dari Indonesia mungkin aja kan Orang Indonesia atau Cattery dari Indonesia di black list sehingga Indonesia ga kan dapet lagi parents stock yang bagus untuk breeding program, atau mereka ngelaporin ke perkumpulan kucing internasional sehingga keberadaan klub kucing Indonesia yang bergabung dengan klub kucing Internasional dipertimbangkan kembali keberadaannya, yang paling buruk keanggotan klub kucing yang udah bergabung dengan klub kucing Internasional ditarik. Padahal kan ga gampang dan membutuhkan waktu yang bukan sebentar ketika memperjuangkan agar klub kucing yang ada di Indonesia diterima sebagai anggota klub kucing Internasional.

Emang susah si nyari cattery luar negeri yang mau ngadopsiin kucingnya dengan mudah. Mereka pada umumnya punya standart yang tinggi bagi siapa saja yang ingin mengadopsi kucing-kucingnya. Trus gimana dong kalo ada cattery baru yang pingin punya parents stock keren dari cattery luar negeri? Yah kerja sama aja sama cattery senior yang udah pernah ngadopsi kucing dari cattery terkenal di luar negeri. Cara kerja samanya gimana? Oper adopsi lagi? Oh... jangan dong, itu ga etis namanya ^_^, caranya yah minta cattery senior ngasi referensi atau jadi penjamin bahwa kucing-kucing akan dirawat dengan baik dan ga kan kekurangan kasih sayang. Atau kalo ini juga ga berhasil, yah cattery baru emang harus punya pengalaman dulu ga usah buru-buru pengen punya parents stock import. Yah parents stocknya kucing kelahiran Indonesia aja dulu, nanti beberapa tahun lagi setelah cattery berkembang dengan baik, dan tetep eksist baru deh nyari parents stock impor, jadi kalo ditanya pengalamannya gimana, dah bisa jawab dan emang udah ada pengalaman kan jadi ga perlu bohong lagi.

Trus buat cattery yang udah ngadopsii kucing ga langsung dari cattery awalnya (cattery di luar negeri), yah sebaiknya ngasi tau ke cattery tersebut, kalo kucing-kucingnya udah ada di rumah baru dan mereka tidak akan kekurangan kasih sayang, dan dirawat dengan baik, kirimin juga foto-fotonya sehingga cattery tersebut ngerasa seneng, mereka tetep tau kabar kucing-kucing mereka. Kita aja kalo punya sahabat deket trus ilang ga ada kabarnya sering kepikiran gimana yah temen kita tersebut sekarang, apalagi cattery-cattery yang udah nganggep kucing-kucing mereka seperti anak-anak mereka sendiri, bagian dari keluarga, pasti sedih banget ga tau kabar anak-anak mereka. Kan indah ya, orang tua lama dan orang tua baru saling berhubungan, dan jadi sodara ^_^.
Jadi image Indonesia di dunia kucing Internasional ga jelek. Maju terus perkucingan Indonesia. Indonesia Raya, Merdeka Merdeka!!! Selamat Ulang Tahun ke 62.

No comments: