Thursday, August 23, 2007

Cat Show/Kontes Kucing untuk apa si???

Waktu salah satu klub kucing launching cabang baru di tempat saya tinggal, puncak acaranya diisi dengan cat show/kontes kucing yang diliput oleh tv dan koran lokal. Kontes kucing ini diadain di salah satu plaza yang deket banget ama rumah saya hehehe, jadi jalan 10 menit udah sampe, kedatangan saya sebagai suporter temen-temen saya, yang kucingnya ikutan lomba. Sekalian sebagai pengamat kucing-kucing yang ada di sana hehehe, dah hobi sih.

Acaranya rame banget, pada banyak yang liat, dan peserta dari luar kota juga banyak yang ikut tu. Saya aja sempet mikir, waaaaa jurinya pasti susah nentuin juara, kan kucingnya cakep-cakep genee, hehehe. Iseng-iseng kenalan ama yang ikut cat show, iseng juga tanya "mbak ikutan cat show kaya gini buat apaan si?" mbaknya senyum trus ngejawab "Ya pengen ikut aja mbak, buat seneng-seneng hehehe". Trus tanya lagi ama owner yang dari luar kota "kan bangga kalo kucingnya jadi juara, nanti ribbonnya mo saya pasang di ruang tamu", pokoknya macem-macem deh jawapannya.

Dan akirnya acara cat shownya di mulai. Ada beberapa kejadian yang sedikit mengusik diri saya antara lain ada salah satu kucing yang ga mo keluar dari pet carriesrnya, kucingnya ditarik-tarik bahkan sampe dipukulin. OMIGOT!!!. Saya datengin n bilang "Bu, kalo kucingnya ga mau keluar ya mbok dibiarin, kucingnya takut mungkin bu, ga usah dipukulin, kasian bu" eh ibunya ngejawabnya galak banget "Ini kucingku, jadi teserah aku mo tak apakno". Ada juga waktu kucingnya lagi ditarok di meja mo dipereksa sama juri eh kucingnya kabur sembunyi dibawah kolong meja, orang-orang pada KETAWA ngeliat kejadian ini, mereka anggap ini adalah hal yang lucu banget, tapi buat kucing itu, dia ga lagi ngelawak ketika lari ke bawah meja, dia lari ke bawah meja karena KETAKUTAN.

Fenomena yang laen yang saya temukan adalah, ikutnya kucing import yang udah dapet gelar CH bahkan GC dalam cat show. Trus BOB dan BIS kebanyakan yah dari kucing import tersebut, emang ada sih kucing ras kelahiran Indonesia yang dapet BOB dan BIS, tapi jarang banget..Kadang mikir juga si kalo di Rusia yang juara kucing biakan Rusia sendiri, apa breeding program di Indonesia ini gagal ya? sehingga belom bisa menghasilkan kucing yang bagus ya? Ko tetep kalah ama kucing import? Apa image import itu akan selalu lebih bagus dah tertanem kuat banget di mindset masyarakat Indonesia. Tapi akirnya saya berpikir lagi. Oia, breeding program Indonesia kan masih muda, sekarang mungkin belom, tapi mungkin 10 tahun mendatang kucing biakan Indonesia yang jadi pemenang BOB dan BISnya. Amin...

Kembali ke pertanyaan saya kepada beberapa pemilik kucing yang kucingnya ikutan lomba. CAT SHOW BUAT APA SIH??? Ya jawabnya bisa macem-macem seperti yang dijawab oleh peserta show. Padahal sebenernya cat show itu kan untuk ngecek breeding programnya udah ok atau belum. Dari catatan juri tentang kucing yang diikutim show diketahui kucing itu kekurangannya apa aja, trus kelebihannya apa aja. Kalo seorang breeder ngikutin show kucing biakannya dan beberapa kali mengikuti show, dan kucing biakannya sering mendapatkan catatan kekurangan di aspek yang sama, maka breeder tersebut bisa berpikir apa yang salah dengan breeding programnya. Apa groomingnya kurang? Apa ga bisa ngelatih kucing bertempramen manis, lembut, dan lincah? Ato genetiknya amburadol? dll. Nah dari situ diperbaiki kekurangan yang ada agar biakan berikutnya semakin baik lagi.

Kalo kucing import yang belom dapet gelar CH atau GC di negara asalnya trus diikutin cat show di Indonesia hal ini masih bisa dimengerti. Yah mungkin pemilik barunya pengen bener-bener yakin kalo kucing yang udah diimport ini emang bener-bener TOP dan akan jadi parents stock yang keren banget, akan menghasilkan anak-anak kucing yang TOP juga. Adanya pengakuan formal dari juri itu membuat efek psikologis yang melegakan buat pemilik baru. Ohhhhh saya ga salah pilih, oohh saya ga ditipu oleh cattery dari LN sana, ohhh ga sia-sia duit saya keluar puluhan juta rupiah hehehe, dan ada juga yang nambahin (walo ga semua sih) ohhhh sebentar lagi saya akan kaya, anak-anak kucing saya akan bagus-bagus dan harganya mahal. Na yang bikin saya ga ngerti itu kalo dah CH dan GC diikutin show di sini, kok rasanya lebih ke prestise ya??? yah emang bangga si kalo kucing kita bisa menang cat show, cuman kalo tujuannya untuk kebanggaan aja itu juga kurang baik. Yang beli punya duit untuk ngebeli, tanpa adanya kerja keras untuk membentuk kucing yang TOP sampe akirnya bisa menang cat show, ya kebanggannya saya sanggup beli kucing GC lo. Penghargaan itu diberikan kepada seseorang yang sudah bekerja keras. Dah ngalamin jatuh bangun, tapi dia tetep bertahan, dan tetep eksis sampai saat ini, itu yang disebut kebanggan. Jadi emang ada proses yang lumayan lama, bukan proses instan. Jadi kalo ada breeder yang menyertakan persyaratan yang lumayan ribet dalam proses adopsi kucingnya, itu juga bisa dipahami, yah alesannya karena mereka sudah bekerja keras untuk itu.

Kembali ke cat show tadi, saya ngerti sih kalo masyarakat lagi mengalami euforia cat show hehehe. Jadi kucingnya diikutin show, ga peduli kucingnya mo ato ga. Ya seperti ibu yang narikin kucingnya supaya mo keluar pet carrier dll. Sebaiknya, ya dikembalikan seperti semula fungsinya cat show itu, tapi kalo emang pengen banget ikut cat show, ya saya mohon mental kucingnya dilatih dulu. Sering-sering aja ngajak mereka jalan-jalan, jadi ntar mereka ga kaget kalo ngeliat orang laen, apalagi kalo orang-orang yang diliat ama mereka banyak banget, yang kadang ikut moto, nyubitin, ngelus mereka karene gemessssssssss. Jadi jangan dipaksain demi kebahagian diri sendiri, kita ga mikirin perasaan mereka gimana. Beneran, kasian banget ngeliat kucing melarikan diri dan sembunyi di bawah meja, sedangkan orang-orang banyak yeng menertawakan ketakutannya itu. Suatu persitiwa yang kontradiksi.

2 comments:

Anonymous said...

ya, ndoro aku setuju..kalo di cat show jadi ajang eksploitasi manusia terhadap hewan. Aku malah berkesimpulan di cat show ini manusia mau nonton hewan atau manusian mau jadi hewan itu sendiri. Dengan perilaku yang mengabaikan perasaan hewan, maka manusia itu telah menjadi hewan dengan dalih, ini kucing saya sendiri terserah saya mau diapakan. Seandainya manusia tersebut mendengar bahasa hewan, pasti mereka malah malu. Hewan itu menyebut jenis hewan berkaki dua ini lebih biadab dan kejam, demi kesenangannya hewan berkaki empat dipertontonkan dan dibikin malu.

chandra said...

Orang yg main pukul miauwnya itu bego, krn miauwnya malah jadi ga pede, tambah bodoh & sulit diatur. Miauw/macan paling peka diantara hewan. Miauw selalu serius menanggapi tiap aksi kita terhadapnya.